Friday, July 13, 2012

makalah geologi "Tujuh Konsep Dasar Geologi Lingkungan"

KESIMPULAN
            Berdasarkan berbagai konsep-konsep yang telah di[paparkan merupakan kumpulan dari berbagai masalah yang ada didunia ini yang berkaitan dengan geologi lingkungan. Terdapat tujuh konsep yang berkaitan dengan geologi lingkungan, yaitu :
  1. Pada dasarnya bumi merupakan suatu sistem tertutup.
  2. Bumi adalah satu-satunya tempat kehidupan manusia, tetapi sumber daya alamnya terbatas.
  3. Proses-proses alam yang terjadi sekarang mengubah bentang alam yang telah tersusun selama periode geologi, baik secara alamiah maupun buatan.
  4. Selalu ada proses alam yang membahayakan dan mengancam kehidupan manusia.
  5. Perencanaan tata guna lahan dan penggunaan air harus diusahakan agar mendapatkan keseimbangan antara pertimbangan ekonomi dan penilaian estetika
  6. Efek dari penggunaan tanah sifatnya kumulatif, oleh karena itu kita mempunyai kewajiban untuk menerima dan menanggungnya
  7. Komponen dasar dari setiap lingkungan manusia adalah faktor geologi, dan pemahaman terhadap lingkungannya membutuhkan wawasan dan penafsiran yang luas terhadap ilmu bumi dan ilmu lain yang berkaitan.
Berbagai masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep tersebut dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya segala permasalahan yang ada di muka bumi ini merupakan akibat dari ketidak seimbangan antara alam dengan perilaku manusia yang terkadang berlaku sewenang-wenang sehingga mengakibatkan kehidupan tidak berjalan dengan seimbang. Banyak bencana disana-sini. Melakukan pengeksploitasian secara besar-besaran yang tidak diimbangi dengan pembenahan daerah jarahan.
Selain itu, keseimbangan antara lahan dan air yang dapat mengahasilkan suatu pertimbangan ekonomi dan penilaian estetika juga dapat menjadi suatu konsep yang sudah banyak diterapkan di Indonesia. Karena keindahan tempat di Indonesia pun sudah banyak dikenal di dunia dan dapat menghasilkan pemasukkan lebih bagi pemerintah.

SARAN
            Adapun saran yang diberikan dari pembahasan diatas, yaitu :
1.      Keseimbangan antara alam dengan perilaku manusia merupakan salah satu hal yang terpenting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti bencana alam maupun hal-hal lain yang dapat merugikan bagi manusia sendiri.
2.      Senantiasa mewaspadai lingkungan sekitar yang sewaktu-waktu dapat berubah tanpa ada tanda-tanda yang signifikan

No comments:

Post a Comment